Kapolres Batu Hadiri Acara Pembukaan “Batu International Tourism Paragliding Festival 2023”

    

Polres Batu – Malam ini Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. menghadiri acara pembukaan Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 yang bertempat di Gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Wisata Batu, Kamis (6/7/2023).

Setelah vakum selama 2 tahun karena Pandemi Covid-19, Kota Batu kembali menggelar Kejuaraan Batu International Tourism Paragliding Festival (BITPF) 2023 selama empat hari sejak kemarin, Kamis (6/7). Digelarnya agenda tahunan ini menjadi ajang promosi wisata sekaligus menandai bangkitnya sport tourism di Kota Wisata Batu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai yang diwakili oleh Sekda Kota Batu Bapak Zadim saat membuka acara, mengatakan bahwa kejuaraan bertaraf internasional ini bukan hanya sebagai pengenalan dan promosi wisata saja. Namun juga mendorong perkembangan olahraga paralayang, dan sport tourism yang semakin diminati masyarakat.

“Kita akan terus dukung dan perbanyak sport tourism di Kota Wisata Batu, sesuai dengan karakter potensi alam untuk membangkitkan sektor pariwisata Jawa Timur dan Nasional,” ujar Bapak Zadim.

Dengan semangat dan kerjasama yang baik, Penjabat Walikota Batu melalui Sekda Kota Batu mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan kejuaraan Batu International Tourism Paragliding Festival Dan kegiatan ini merupakan momen untuk menunjukkan bahwa Kota Wisata Batu merupakan destinasi wisata yang berkelas internasional.

“Dengan even ini kita berharap akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri di Kota Wisata Batu sehingga mampu mendongrak perekonomian masyarakat,” harapnya.

Diketahui, kejuaraan BITPF 2023 ini bertempat di Venue Paralayang Gunung Banyak. Ajang ini diikuti 132 atlit Indonesia dan 8 atlit Malaysia. Dan giat yang akan berlangsung dari Kamis – Minggu (6 – 9 Juli) akan memperebutkan hadiah total senilai Rp 63 juta.

Melalui BITPF menjadi media untuk mengeksplor keindahan alam pegunungan Kota Wisata Batu. Dan olah raga paralayang adalah salah satu cara menikmati keindahan alam Kota Wisata Batu di atas langit dengan ketinggian 50 meter hingga 100 meter bahkan lebih. Apalagi pesona alam Kota Batu merupakan spot menarik bagi pecinta olahraga paralayang.

Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 merupakan kerjasama dengan Lanud ABD Saleh, dan Korem 083 Baladika Jaya serta melibatkan FASI Jatim. Selain itu giat ini juga melibatkan Tim Medis RS Karsa Husada, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Kelurahan Songgokerto, dan para relawan.

Kapolres Batu dalam hal ini menyampaikan bahwa pentingnya acara berjalan aman dan lancar serta kondusif, Polres Batu mengerahkan 73 Personelnya untuk melaksanakan pengamanan sejak tanggal 6 – 9 Juli 2023.

“Untuk mensukseskan kejuaraan Batu International Tourism Paragliding Festival ini kami dari Polres Batu mengerahkan 73 Personel untuk melaksanakan pengamanan baik secara terbuka maupun tertutup agar kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, karena kegiatan ini merupakan momen untuk menunjukkan bahwa Kota Wisata Batu merupakan destinasi wisata berkelas internasional yang aman dan nyaman tentunya,”jelas AKBP Oskar.