Bentuk pengawasan, Polres Batu laksanakan pemeriksaan Senjata Api secara berkala

Kota Batu – Guna Mencegah terjadinya penyalahgunaan barang inventaris milik dinas, Polres Batu Polda Jatim menggelar pemeriksaan dan pengecekan Senpi (Senjata Api) secara berkala yang dipinjampakaikan kepada personel, Kamis  20 Juli 2023 pagi.

Bertempat di Mapolres Batu kegiatan tersebut dipimpin Wakapolres Batu Kompol Jeni Al jauza didampingi Kabaglog Kompol Supriyanto dan Kasipropam Ipda Fredi diikuti seluruh personel terutama yang membidangi opsnal dan yang dipercaya untuk memegang senpi dinas.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin melalui Wakapolres menyampaikan kegiatan pemeriksaan senpi merupakan bentuk pengawasan yang bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan barang inventaris milik dinas dan juga mewujudkan personel yang selalu siap saat bertugas di lapangan.

“Masing-masing penanggung jawab wajib menunjukkan senpi beserta kelengkapan administrasinya sebagai bentuk legalitas, serta memperlihatkan kondisi senpi masing-masing berikut amunisinya,” ujar Jeni

Selain mengecek kebersihan dan kondisi senpi, Kompol Jeni juga mengecek administrasi sebagai syarat legalitas pinjam pakai senpi yaitu Surat Senpi terkait dengan masa berlaku serta hasil Psikotest para pemegang senjata.

“Pengecekan ini sebagai sarana kontrol barang milik negara, dimana terdapat hak dan kewajiban yang harus terpenuhi, baik administrasi maupun operasionalnya, sehingga tidak sampai menghambat tugas-tugas Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Kabag Log Juga berpesan kepada seluruh anggota pemegang senpi untuk tetap menjaga etika dan norma norma yang ada sebagai penegak hukum yang keberadaanya sangat dekat dengan masyarakat.

“ Saya berharap kepada seluruh anggota pemegang senpi untuk tetap menjaga etika dalam bergaul dan bekerja, jangan sampai dengan membawa senpi etika kita sebagai anggota Polri terkesampingkan, kita arogan terhadap masyarakat kamudian hilang juga norma kesopanan dalam lingkungan kerja,” pesan Supriyanto