Kapolres Batu terjun langsung amankan pengesahan warga baru PSHT di Wilayah Kota Batu

Polres Batu – Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman saat pelaksanaan kegiatan Pengesahan Warga Baru PSHT di Kota Batu pada hari Sabtu, tanggal 22 Juli 2023 kemarin, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. turun langsung ke lapangan untuk melihat kesiapan anggota dalam melaksanakan kegiatan pengamanan di batas Kota maupun di beberapa titik lainnya.

Kapolres Batu dalam kegiatan pengamanan ini mengerahkan 80 personilnya dan di bagi dibeberapa lokasi terutama di Batas Kota.

“Untuk anggota yang di libatkan pengamanan tersebut tetap berkoordinasi dengan pengamanan internal karena melibatkan beberapa kecamatan untuk pergerakan masing masing ranting, semua itu kita upayakan saling terkoordinir sehingga tidak menimbulkan kerawanan – kerawanan,” terang Kapolres Batu.

“Seperti konvoi, nah ini kita hindari, kemudian juga penggunaan pakaian kebesaran di perjalanan kita hindari juga, sehingga jangan sampai nanti dengan adanya kegiatan Konvoi dan penggunaan pakaian kebesaran ini bisa memancing dari perguruan yang lain,” Jelas AKBP Oskar.

“Memang di Kota Batu Kondusif dimana masing masing perguruan ini disetiap Bulanya kita lakukan rapat koordinasi pertemuan secara rutin, paling tidak untuk membangun silaturahim antar perguruan. Sehingga jika ada perihal permasalahan yang terjadi antar perguruan ini bisa diselesaikan dengan mudah; musyawarah,” imbuhnya.

Kapolres Batu dalam rangkaian kegiatan pengamanan ini didampingi oleh Wakapolres Batu Kompol Jeni Al Jauza, Kasat Binmas dan Kasat Intelkam Polres Batu juga silaturahmi datang ke acara pengesahan warga baru PSHT yang bertempat di POLTEKAD Desa Pendem Kota Batu.

Kapolres Batu menjelaskan bahwa terkait dengan kegiatan ini, sampai saat ini masih kondusif, untuk personil pengamanan dari Polres dan TNI ini tetap saling berkomunikasi dan berkolaborasi dalam mengawal kegiatan ini sampai dengan selesai aman lancar dan kondusif.

“Untuk penyekatanya karena antisipasi adanya dari perguruan lain maupun dari daerah lain itu, kita tempatkan di beberapa titik penyekatan yaitu di Pendem lalu di persimpangan Arhanud juga, kemudian di area Pujon sehingga apa bila ada masa dari daerah lain yang akan datang untuk menghadiri, maka akan kita halau langsung dan kita kembalikan sehingga yang melaksanakan kegiatan ini khusus dari wilayah Batu,” Tegas Kapolres Batu.

“Jadi untuk mengantisipasi itu kita sekat titik – titik tempat dimana dimonitor langsung oleh Perwira Pengendali Polres Batu, sehingga dimana jika ada perkembangan situasi adanya konvoi atau rombongan yang akan masuk ini bisa mengantisipasi hal itu, bila memang diminta untuk penambahan kekuatan kita juga sudah persiapkan personil di Mako Polres untuk siaga siap membantu,” Tambahnya.