Polres Batu tutup jalan Ir Soekarno dan terapkan rekayasa arus untuk amankan Pawai Bersih Desa

Kota Batu – Weekend pada tanggal 23 Juli 2023 ini terasa berbeda mengingat pada pukul 09.00 s/d 18.00 WIB dilaksanakan pawai Budaya unggulan Desa Pendem Kec Junrejo Kota Batu dalam rangka Bersih Desa yang akan menggunakan seluruh jalan sepanjang Ir Soekarno sampai pertigaan Pendem sehingga Sat Lantas Polres Batu all out turun ke jalan melaksanakan penutupan dan rekayasa arus .Minggu (23/7/23)

Usai apel pagi di Lapangan , anggota Polres Batu Polda Jatim tak kurang dari 100 orang diterjunkan untuk menempati simpul-simpul jalan sepanjang jalan Ir Soekarno. Kegiatan ini selain bertujuan untuk memberikan kelancaran arus lalu lintas juga diharapkan dapat mencegah terjadinya kejadian kriminal di tempat tersebut.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin berharap kepada seluruh anggota Opsnal baik dari Sat lantas maupun Sat Samapta serta Polsek Jajaran dapat dengan maksimal dalam melaksanakan pelayanan masyarakat terutama pada saat terjadinya peningkatan arus lalu lintas kali ini.

“Moment Libur ini menyebabkan terjadinya kepadatan arus dari arah Kota Malang menuju ke Kota Batu sehingga kita harus all out mengamankanya .” terang Oskar.

Kapolres Juga mengatakan bahwa selama pengamanan kegiatan pawai ini juga akan dikerahkan anggota tertutup dari Jajaran Reskrim dan Intelkam sehingga dapat memback up anggota lain untuk mengamankan wilayah.

“Kami terjunkan puluhan anggota tertutup yang dapat berbaur dengan wisatawan sebagai upaya cipta kondisi di tempat wisata agar Harkamtibmas dapat tetap terjaga, ” jelas kapolres

Menurut Kasatlantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati bahwa bagi wisatawan yang akan memasuki Kota Batu diarahkan langsung melalui jalur Karangploso – menuju bendo dan bagi yang akan menuju karangploso melalui simpang tiga pendem diarahkan mencari jalur alternatif melalui landungsari atau lewat sukarno hatta malang.

“Kami akan gelar semua anggota Lantas dan Samapta untuk mengisi penggal jalan yang berpotensi rawan macet serta tempat wisata yang pasti mengalami lonjakan pengunjung terutama di Simpang Tiga Pendem , apabila memang dibutuhkan Rekayasa maka akan kami lakukan untuk menghindari penumpukan di jalur Poros menuju kota Batu,” ungkap AKP Lya Ambarwati.