Gali Informasi terkait TPA Tlekung, Jumat Curhat Polres Batu sasar warga masyarakat

Kota Batu – Guna semakin mendekatkan kebaradaan Polri di tengah tengah masyarakat,  Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin memimpin apel Jum’at Curhat yang bertempat di halaman balai desa Tlekung Kec. Junrejo Kota Batu, Jum’at (4/8/2023).

Adapun kegiatan apel tersebut dihadiri oleh Wakapolres Batu Kompol Jeni Al Jauza, S.H., M.H. beserta Pejabat Utama Polres Batu, Kepala Desa Tlekung  dan diikuti oleh peserta apel dari Polres Batu dan Polsek Jajaran Polres Batu.

Dalam sambutannya Kapolres Batu menjelaskan bahwa Kegiatan Jum’at Curhat Polres Batu kali ini sedikit lebih special dikarenakan kita akan menggali informasi di setiap lapisan masyarakat akan keluh kesah dengan munculnya bau dari TPA Tlekung yang keberadaanya sempat mendapat penolakan dari warga sehinga terjadi penutupan jalan menuju TPA.

“Saya perintahkan kepada seluruh anggota silahkan blusukan kepada masyarakat di wilayah Tlekung, sampaikan dan perkenalkan diri kemudian lalukan dialog dan monitoring tentang kaluhan keluhan yang muncul akan permasalahan TPA tlekung yang beberapa hari lalu sempat mendapat penolakan,” terang Kapolres.

Selanjutnya Kepala desa Tlekung Bpk. Mardi mengucapkan terima kasih kepada jajaan Polres Batu yang sudah sudi kiranya menjembatani warganya untuk berusaha mencarikan solusi terkait bau menyengat yang muncul dari TPA.

“ Terima kasih kepada Pak Oskar selaku Kapolres Batu yang telah menggelar apel di sini dan bersama sama dangan pemerintah desa untuk mencarikan solusi terbaik bagi penanganan TPA,” Ujar Kepala Desa.

 

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa beberapa hari yang lalu masyarakat desa Tlekung sempat menutup akses jalan menuju TPA karena warga menganggap sampai saat ini pemerintah tidak bertindak serius dalam menangani sampah sehingga muncul bau yang tidak sedap di waktu tertentu.

Kepala Desa juga berterima kasih atas upaya cepat yang diambil oleh Pj Wali Kota BatuAries Agung Paewai, dalam menangani permasalahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung .

Dia juga mengapresiasi langkah tegas Pj Wali Kota Batu dalam menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R), serta mencari sumber dana yang komprehensif untuk mendukung operasional TPS 3R. Ia menyatakan bahwa langkah-langkah tersebut merupakan langkah nyata dalam mengatasi permasalahan sampah di TPA Tlekung dan memberikan solusi jangka panjang bagi masyarakat setempat.

Selesai kegiatan apel, Kapolres Batu, PJU dan anggota Polres Batu melaksanakan kegiatan door to door Jum’at Curhat ke warga Kota Batu dengan didampingi Kepala Desa untuk mendengar dan menyerap aspirasi dari masyarakat apakah masih ada keluhan yang disampaikan warga tentang TPA Tlekung.