Upayakan Fatalitas Laka Lantas Menurun, Kapolres Batu Pimpin Latpraops Zebra Semeru 2023

   

Polres Batu – Kepolisian Resor Batu menggelar latihan pra operasi (Latpraops) dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023 yang akan berlangsung sejak tanggal 4 s.d. 17 September 2023, bertempat di Rupatama Polres Batu, Sabtu (2/9/2023).

Pelaksanaan Latihan Pra Operasi Zebra Semeru 2023 ini dipimpin langsung oleh Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. dan dihadiri oleh PJU Polres Batu, Perwira dan anggota yang terlibat. Kegiatan ini adalah langkah yang penting dalam rangka persiapan penggelaran Ops Mantap Brata 2023-2024 dan menciptakan kondisi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Polres Batu.

Kapolres Batu berharap dengan adanya Operasi Zebra Semeru 2023 ini kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas semakin meningkat sehingga berdampak dapat mengurangi angka pelanggaran dan fatalitas laka lantas.

 

“Dengan adanya Operasi ini saya berharap masing-masing anggota dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya, sehingga kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas semakin meningkat dan mudah-mudahan dapat mengurangi angka pelanggaran serta fatalitas laka lantas,” harap Kapolres Batu.

Kasatlantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati, S.I.K. dalam pemaparannya menjelaskan terkait sasaran operasi ini, meliputi pengendara r2 berboncengan lebih dari 1 orang, pengendara r2 tidak menggunakan helm dan pengemudi r4 tidak menggunakan safety belt, pengendara ranmor yang masih dibawah umur, mengemudikan ranmor dalam pengaruh alcohol, menggunakan Hp pada saat mengemudikan kendaraan, melebihi batas kecepatan dan melawan Arus.

Dengan menargetkan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas ini dan mengedepankan pendekatan edukatif, persuasif, serta teguran simpatik, diharapkan operasi “Zebra Semeru 2023” dapat menciptakan kesadaran dan disiplin yang lebih baik dalam berlalu lintas, sekaligus mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.