Sambut Pemilu 2024, Polres Batu gelar Lat Pra Ops Mantab Brata 2024

Kota Batu – Polres Batu Polda Jatim melaksanakan kegiatan Latihan Pra Operasi (Latpraops) dalam rangka persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Hall Arjuna Taman Wisata Selecta Bumiaji Kota Batu, Kamis (12/10/2023).

Latpraops Mantap Brata 2023-2024, ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Polri dalam menjaga keamanan dan kelancaran penyelenggaraan Pemilu di wilayah Kota Batu.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Batu , AKBP Oskar Syamsuddin,  didampingi Wakapolres Kompol Jeni Al Jauza, Plt. Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto, Ketua Bawaslu Kota Batu Bpk. Supriyanto serta dihadiri sejumlah Pejabat Utama, Para Kapolsek jajaran serta seluruh anggota yang terlibat pelatihan. 

Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan bahwa kegiatan Latpraops Mantap Brata 2023-2024 ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mempersiapkan personel Polres dalam menjaga kondusifitas dan keamanan saat pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa pesta demokrasi berjalan dengan damai, tertib, dan lancar. 

“Latpraops ini juga merupakan wadah untuk memahami tata cara dan prosedur operasi yang harus diikuti oleh personel Polri dalam melaksanakan tugas-tugasnya selama Pemilu,” Ujarnya.

Kapolres berharap agar semua pihak dapat bekerja sama secara sinergis demi keberhasilan pelaksanaan Pemilu yang aman dan sukses. 

Lanjutnya, latihan pra-operasi ini menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye dan pemungutan suara, Polres Batu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam menjaga proses demokrasi ini agar berjalan sesuai dengan aturan dan berlangsung dengan damai.

“Selama pelaksanaan Ops Mantap Brata Semeru Tahun 2023/2024, kami menegaskan kepada seluruh personel dan pihak terkait untuk menjaga netralitas dan marwah Polri. Tidak boleh ada yang memihak ke paslon-paslon tertentu. Keamanan dan ketertiban harus dijaga dengan adil dan tanpa diskriminasi,” Ungkap Oskar

Latihan ini melibatkan berbagai berbagai fungsi di Polres tentang kerawanan yang mungkin terjadi , simulasi situasi darurat, selama masa pemilu, seperti penanganan potensi kerusuhan, pengamanan lokasi pemungutan suara, serta penanggulangan potensi gangguan keamanan lainnya.

Selain itu, latihan ini juga mencakup aspek keamanan siber, mengingat pentingnya melindungi sistem elektronik terkait pemilu dari ancaman siber yang mungkin muncul serta bagaimana Polri bisa mendinginkan suhu politik yang terjadi di Media Sosial.

Dalam kegiatan tersebut Plt Ketua KPU dan Ketua Bawaslu juga memberikan paparan tentang tugas pokok sesuai tupoksinya untuk berkolaborasi dengan Polri dalam mengamankan perhelatan Pemilu tahun 2024 nanti.