Kapolres Batu Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023

 

Polres Batu – Pemerintahan Kota Batu pagi ini menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2023, bertempat di Halaman Balaikota Among Tani Jl. P Sudirman No.507 Kota Batu, Jum’at (10/11/2023).

Upacara Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan,”. PJ Walikota Batu Dr Aries Agung Paewai, S.STP, M.M. memimpin pelaksanaan Upacara ini yang turut dihadiri oleh Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T. bersama Forkopimda Kota Batu, ASN, Kepala OPD, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ka. Kemenag, Kepala BNN, Ketua TP PKK, Ketua DWP, Ketua GOW, Kepala BPS, Kepala BPN, Ketua LVRI, Lurah Se-Kota Batu, Pimpinan Bank Jatim, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Dirut PDAM, Dirut ATV, Ketua FKUB, Ketua FPK, Ketua FKDM,dan Ketua Organisasi Masyarakat Kota Batu.

PJ Walikota Batu membacakan amanat Menteri Sosial RI Dr. (H.C.) Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T. bahwa Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

 

Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

 

“Saudara-saudara, sebangsa, setanah air Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri. Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” tutup amanat Mensos RI.


Usai Upacara PJ Walikota Batu bersama Forkopimda dan undangan lainnya melaksanakan kegiatan Tasyakuran di Gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu dan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Jalan Suropati Kota Batu, sebagai bentuk nilai penghormatan dan penghargaan terhadap jasa-jasa para Pahlawan yang telah mendahului kita.