Kapolres Batu berangkatkan 320 Personel untuk Amankan Pemilu 2024

Kota Batu  – Sebanyak 320 personel Polres Batu Polda Jatim yang disiapkan untuk mengamankan perhelatan Pemilu 2024, telah diberangkatkan secara resmi ke Kecamatan dan seluruh desa di wilayah hukum Polres Batu.

Ratusan personel tersebut diberangkatkan Bersama dengan anggota TNI yang akan melaksanakan pengamanan di TPS dan pengamanan Logistik yang akan digeser ke desa desa serta TPS.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kapolres AKBP Oskar Syamsuddin  saat usai memimpin Apel Pengecekan dan pergeseran Personel dalam rangka Pengamanan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024.Senin(12/2/24)

AKBP Oskar yang didampingi pejabat utama (PJU),Jajaran TNI, Kajari Kota Batu, Perwakilan Forkopimda, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu serta perwakilan OPD Pemkot Batu mengatakan, dalam operasi kepolisian terpusat yaitu Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024, Polres Batu telah memetakan kerawanan yang dimungkinkan akan terjadi dan Alhamdulillah Kota Batu ini tingkat kerawanannya rendah, namun sebagai petugas pengamanan kita tidak boleh Underestimate dan tetap melaksanakan pengamanan semaksimal mungkin.

“Polri akan All Out termasuk juga Polres Batu dalam mengamankan pesta rakyat ini, harapan kami situasi kondusif di Kota Batu bisa terjaga dengan baik dan sukses menggelar pemilihan umum di seluruh wilayah Indonesia,” terang Kapolres.

Kepada seluruh personel yang bertugas, Kapolres mengingatkan untuk segera mengenali lingkungan, perangkat desa, tokoh agama (toga)/tokoh masyarakat (tomas) dan KPPS serta lokasi TPS berada.

“Laksanakan pengamanan dan kawal kotak surat suara bersama-sama aparat lainnya termasuk KPPS dari tempat penyimpanan/desa menuju dusun tempat lokasi TPS berada dan sekembalinya, serta pastikan kotak surat suara tersebut dalam kondisi aman,” tuturnya.

Kapolres juga mengingatkan jika ada kejadian yang kontijensi/menonjol segera laporkan kepada Padal secara berjenjang kepada padal wilayah/Kapolsek untuk diteruskan kepada Kabagops dan Kapolres serta pimpinan satuan atas.

“Laksanakan tugas dengan penuh semangat, disiplin, tulus dan ikhlas sehingga pelaksanaan pengamanan tidak hanya berjalan dengan tertib, aman dan terkendali, namun juga bernilai ibadah di hadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” tukas Oskar

Selain itu Kapolres Batu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kota Batu agar turut serta mensukseskan Pemilu 2024.Menurut Kapolres selain berjalan lancar, aman dan damai suksesnya Pemilu jika jumlah warga masyarakat yang menggunakan hak pilihnya dapat maksimal.

“Jadi kami minta masyarkat jangan golput, datanglah ke TPS dan gunakan hak pilihnya pada pencoblosan nanti,” pungkas Kapolres.

Setelah pelaksanaan apel Kapolres Batu dan semua tamu undangan yang hadir melakukan pengecekan perlengkapan yang dibawa mulai Senter,Tongkat T, Jas Hujan, Rompi Polri dan sekaligus memastikan tidak ada anggota yang membawa senpi.

“Bagi anggota yang masih membawa Senjata Api wajib dititipkan kembali ke Bagian Logistik, untuk Kasi Propam agar diawasi pelaksanaanya guna menghindari kejadian yang tidak dikehendaki,” tutup Oskar.