Sidokkes Polres Lumajang Lakukan Fooging Cegah DBD

LUMAJANG – Memutus penyebaran wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), seksi kedokteran dan kesehatan (Sidokkes) Polres Lumajang lakukan Fooging di mulai dari lingkungan Asrama Polres Lumajang, Rabu (13/3/2024).

Hal ini dilakukan guna memberantas keberadaan sarang nyamuk aedes aegypti yang menjadi perantara penyebaran penyakit demam berdarah dengue.

Kasi Humas Polres Lumajang Ipda Sugiarto menjelaskan, penyemprotan fogging atau
pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Penyemprotan dilakukan di ruangan kantor, kamar mandi, ruang tahanan, tempat parkir kendaraan, dan lokasi lain yang diperkirakan menjadi tempat bersarang maupun berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti,” kata Ipda Sugiarto.

Tak hanya dilingkungan Mapolres, fogging juga dilakukan di Asrama Polri, dan Polsek jajaran.

Pihaknya juga menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama bak air di kamar mandi,minuman burung dan barang barang bekas.

“Kita sarankan untuk menimbun barang bekas, sampah plastik maupun kaleng yang dapat menampung air hujan yang dapat me jadi berkembangnya nyamuk aedes aegypti,” ujarnya.

Kegiatan ini kata Kasidokkes Polres Lumajang akan dilaksanakan secara rutin.

Ipda Sugiarto berharap, kegiatan fogging ini setidaknya bisa menangkal dan mencegah anggota maupun masyarakat dari penyakit demam berdarah serta menumbuhkan lingkungan yang bersih dan bebas jentik dan nyamuk di seluruh ruangan Mapolres Lumajang.

“Guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur” yang akan dilakukan rutin setiap minggu,” pungkasnya.(*)