Pastikan Kesiapan Anggota, Polres Batu Gelar Apel Penanggulangan Bencana Alam

 

Polres Batu – Pagi ini Wakapolres Batu Kompol Jeni Al Jauza, S.H., M.H., mewakili Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T., memimpin pelaksanaan Apel Kesiapan dalam rangka Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Batu, bertempat di Lapangan Apel Polres Batu, Kamis (21/3/2024).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Batu, Wakapolres Batu, PJU, Kapolsek Jajaran, dan anggota Polres Batu. Peserta Apel terdiri dari 1 SST Anggota Satlantas beserta kendaraan R4 Double Cabin, 1 SST Anggota Satsamapta beserta (kendaraan R4 Backbone, R2 Trail dan peralatan SAR), Anggota Urkes Polres Batu beserta R4 Ambulance, dan Polsek Jajaran beserta (Kendaraan Dinas R4 Backbone dan peralatan SAR).

Kegiatan Apel tersebut bertujuan untuk untuk meningkatkan kesiapan Anggota Polres Batu dan Jajarannya dalam menghadapi potensi bencana alam di wilayah hukum Polres Batu. Dalam hal ini Kapolres Batu juga ingin memastikan bahwa seluruh anggotanya siap dan terlatih dalam bertindak saat situasi darurat, memberikan bantuan kepada masyarakat, serta melakukan upaya penanggulangan dan pemulihan pasca-bencana.

Wakapolres Batu membacakan amanat Kapolres Batu, bahwa Apel kesiapan ini menjadi wujud komitmen Polres Batu dalam menjaga keamanan dan keselamatan warga di tengah ancaman bencana alam yang dapat terjadi setiap saat dengan mengutamakan sinergitas dengan instansi samping.

“Kegiatan ini menjadi sangat penting mengingat wilayah Batu dan sekitarnya sering kali rentan terhadap bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. Dengan adanya apel kesiapan ini, diharapkan koordinasi antar instansi dapat ditingkatkan, serta upaya pencegahan, mitigasi, dan tanggap darurat dalam menghadapi bencana alam dapat dilakukan secara efektif dan efisien,” jelas Kapolres Batu.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya persiapan dalam menghadapi bencana alam serta peran aktif Anggota dan Sinergitas antar Instansi dalam proses penanggulangan dan pemulihan pasca-bencana. Dengan demikian, diharapkan kerugian akibat bencana alam dapat diminimalkan dan kegiatan pemulihan dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat,” harapnya.

Kegiatan selanjutnya Kapolres Batu bersama dengan Wakapolres dan PJU melaksanakan pengecekan peralatan SAR dan Kendaraan dinas tanggap bencana.