Tingkatkan Silaturahmi Anggota, Kapolres Batu Gelar Tembak Reaksi Kapolres Cup 2019

Tingkatkan Silaturahmi Anggota, Kapolres Batu Gelar Tembak Reaksi Kapolres Cup 2019

Tingkatkan Silaturahmi Anggota, Kapolres Batu Gelar Tembak Reaksi Kapolres Cup 2019

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota Polres Batu dibidang menembak, Kapolres Batu Akbp Budi Hermanto, S.I.K., M.Si mengadakan kegiatan Tembak Reaksi Kapolres Cup 2019 yang bertempat di Lapangan Tembak Mako Brimob Den B Ampeldento Malang. Sabtu/19 Januari 2019/08.00 Wib.

Selain untuk meningkatkan kemampuan anggotanya Kapolres Batu mengadakan kegiatan tersebut juga dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi antar anggota di masing – masing fungsi dan antar Polsek jajaran Polres Batu.

Lomba Menembak Kapolres Cup 2019 kali ini diikuti oleh seluruh Anggota Polres Batu baik dari Satfung maupun Polsek jajaran Polres Batu. Dn juga langsung dihadiri oleh Kaden Brimob B Ampeldento Malang Akbp Tedy Purnanto, S.I.K.

Dalam sambutannya Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi, A.Md mewakili Kapolres Batu menyampaikan bahwa kegiatan latihan menembak diharapkan dapat ditingkatkan agar seluruh anggota Polres Batu mempunyai kemampuan lebih dalam rangka menjaga dan memelihara Kamtibmas di wilayah Hukum Polres Batu.

Kapolres Batu Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional 2019

Kapolres Batu Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional 2019

Kapolres Batu Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional 2019

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si pada pagi ini (17/01) memimpin pelaksanaan Upacara Hari Kesadaran Nasional Tahun 2019 yang bertempat di Lapangan Apel Mapolres Batu. upacara tersebut diikuti oleh Pejabat Utama Polres Batu, Perwira, Bintara dan seluruh anggota Polres Batu.

Dalam amanatnya, Kapolres Batu menyampaikan kepada seluruh peserta Upacara bahwa Hari Kesadaran Nasional yang diselenggarakan pada hari ini janganlah dianggap sebagai formalitas belaka, tetapi Upacara ini merupakan momentum yang baik untuk melihat dan menganalisa hasil kegiatan penyelenggaraan kepada pelayanan kepada masyarakat.

Upacara Hari Kesadaran Nasional hendaknya juga dimanfaatkan untuk memperbarui semangat dedikasi dan tanggung jawab dalam rangka membangun patriotisme kebangsaan guna memberikan Pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Harapan tersebut akan terwujud jika dalam diri kita tertanam motivasi kerja dan terpatri komitmen untuk selalu melakukan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat yang disertai peningkatan disiplin dan profesionalisme untuk mencapai target kinerja yang ditetapkan” harap Kapolres Batu.

“Oleh karena itu marilah kita menjadikan peringatan Hari Kesadaran Nasional ini sebagai suatu kesempatan yang baik untuk melakukan perubahan paradigma yang diikuti dengan tekad dan keinginan keinginan yang baik dalam bekerja, sehingga menjadi peluang bagi terciptanya perubahan perubahan menuju ke arah yang lebih baik dalam menyatukan pola pikir dan tindak lanjut pemupukan rasa kebersamaan persatuan dan kesatuan serta mencapai keberhasilan itu harus dilandasi dengan niat yang tulus dengan melakukan perubahan sikap dan perilaku anggota Polri yang ramah, sopan santun dan tidak arogan terhadap masyarakat” terang Kapolres Batu.

Tingkatkan Harkamseltibcar Lantas, Kapolres Batu ajak Forum Lalu Lintas NGOPI Bareng

Tingkatkan Harkamseltibcar Lantas, Kapolres Batu ajak Forum Lalu Lintas NGOPI Bareng

Tingkatkan Harkamseltibcar Lantas, Kapolres Batu ajak Forum Lalu Lintas NGOPI Bareng

Kapolres Batu Akbp Budi Hermanto, S.I.K., M.Si pada pagi ini (15/01) bersama dengan Forum Lalulintas Polres Batu menggelar kegiatan NGOPI (Ngobrol Pintar) yang bertempat di Rupatama Sanika Satyawada Polres Batu.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekda Kota Batu,  Kepala Dinkes Kota Batu, Kepala Diknas Kota Batu,  Akademisi univ Brawijaya, Direktur RSU Karsa Husada, perwakilan Karumkit Hasta Brata,  Dir RS Madinah Kasembon,  Dir RS Baptis Kota Batu,  Ketua Senkom Kota Batu,  Ketua Orari Kota Batu,  Dishub Kota Batu,  PU Kota Batu,  BPBD Kota Batu, RRI Malang dan FOB Binaan Satlantas Polres Batu.

Dalam sambutannya Kapolres Batu menyampaikan bahwa Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengurangi angka fatalitas laka lantas dan kemacetan di Kota Batu.

“Kota Batu menjadi kota tujuan wisata utama di Jawa Timur, sehingga tidak menutup kemungkinan Kota Batu akan menjadi kota termacet, untuk mengantisipasi kejadian tersebut maka diadakan giat Ngopi Bareng ini dengan harapan dapat meminimalisir kemacetan dan laka lantas khususnya saat libur datang” terang Kapolres Batu.

Kasatlantas Polres Batu Akp Christoper Adikara Lebang, S.I.K., S.H., M.H. juga melaksanakan sosialisasi kepada “Generasi Milineal/Sekolah – Sekolah” agar selalu menjadi pelopor tertib berlalu lintas. Tak hanya itu dengan menggunakan Media Sosial, Satlantas Polres Batu juga turut mengajak masyarakat Indonesia tertib dalam berlalu lintas.

Lepas Anggota Purna Tugas, Polres Batu Gelar Upacara Tradisi Pedang Pora

Lepas Anggota Purna Tugas, Polres Batu Gelar Upacara Tradisi Pedang Pora

Lepas Anggota Purna Tugas, Polres Batu Gelar Upacara Tradisi Pedang Pora

Kota Batu – Kepolisian Resor Batu mengelar upacara wisuda purna bakti  9 ( Sembilan  ) anggotanya di halaman Mapolres Batu, Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kapolres Batu , AKBP Budi Hermanto, SIK , MSi, Senin (14/01/2019).

Pada kesempatan tersebut Kapolres secara simbolis menyerahkan tanda penghargaan dan cindera mata kepada anggota yang mengakhiri masa baktinya tersebut. Selanjutnya, bersama seluruh anggota dan Bhayangkari dilanjutkan dengan acara pelepasan dengan pedang pora.

Kapolres menyampaikan, upacara ini pada hakekatnya merupakan penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari kesatuan Polres Batu atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri tugas bagi anggota yang memasuki masa pensiun.

“Atas nama pimpinan dan pribadi menyampaikan penghargaan serta rasa hormat kepada segenap anggota yang telah memasuki masa purna atas dedikasi dan kinerja serta darma bhaktinya kepada bangsa dan negara,” ungkap Kapolres.

Menurutnya kegiatan ini juga menindak lanjuti perintah pimpinan, bahwa secara nasional di tingkat Mabes juga dilaksanakan upacara purna bakti kepada para perwira tinggi Polri yang memasuki masa purna tugas.

Tradisi pelepasan pedang pora ini sebagai bentuk wujud nyata penghargaan satuan institusi Kepolisian kepada tugas dan jasa-jasa para anggotanya, salah satunya Polres Batu yang juga ikut mengucapkan terima kasih dan penghargaan.

“Seperti peribahasa tak ada gading yang tak retak, maka atas nama kesatuan dan keluarga besar memohon maaf. Kami juga akan terus bersama rekan sekalian sebagian bagian dari keluarga besar Polri. Jadi kapan saja, kita selalu terbuka ” imbuh Kapolres.

Sementara kesembilan anggota tersebut masing-masing, Kompol Hartana ( Kapolsek Junrejo), AKP Suroso ( Kasikeu Polres Batu ), Aiptu Suwarno, Aiptu M. Ansori, Aiptu Agus Dwi, Aiptu Udik Ento, Aiptu Agung Sulakso, Aiptu Wibawa Nusantara dan Bripka Sudarminto

Mewakili anggota yang purna tugas, AKP Suroso mengungkapkan dirinya merasa terharu dan menyampaikan ucapan terima kasih terutama kepada Kapolres Batu dan anggota sekalian atas diadakanya kegiatan ini dan semoga tetap terjalin ikatan persaudaraan antara Purnawirawan dengan anggota yang masih aktif.

“Kami mewakili Sembilan anggota yang purna terhitung mulai dari bulan April 2018 hingga Januari 2019,  mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan petunjuknya  sehingga kami dapat mengahiri tugas pengabdian ini dengan sempurna,” pungkas AKP Suroso .

Acara dilanjutkan dengan Pedang pora serta jajar hormat kepada anggota Polres Batu yang memasuki masa pensiun kemudian diantar menuju rumah masing masing  menggunakan mobil patroli dinas.

Kapolres Batu Pimpin Upacara Hari Ulang Tahun Satpam ke – 38

Kapolres Batu Pimpin Upacara Hari Ulang Tahun Satpam ke – 38

Kapolres Batu Pimpin Upacara Hari Ulang Tahun Satpam ke – 38

Hari ulang tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke – 38 Tahun 2018 yang semestinya diperingati pada tanggal 30 Desember 2018, Polres Batu baru bisa melaksanakan pada hari Rabu pagi, 9 Januari 2019 karena Kota Batu merupakan destinasi wisata dan Polres Batu saat itu tengah melaksanakan kegiatan Operasi Lilin Semeru 2018 Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019.

Upacara peringatan Hut Satpam ke – 38 dipimpin langsung oleh Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si dan dihadiri oleh Sekda Kota Batu, Pabung Kodim 0818 Malang – Batu, PJU Polres Batu serta dihadiri oleh pimpinan instansi pemerintah dan swasta, pimpinan pengelola badan usaha jasa pengamanan pemuka komunitas industrial Security dan tamu undangan.

Dalam amanatnya Kapolres Batu menegaskan pada Hut satpam ke – 38 tahun ini Satpam harus meningkatkan disiplin integritas, soliditas, dedikasi dan profesionalisme sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas dan Garda terdepan dalam penyelenggara PAM Swakarsa.

Usai sambutan, Kapolres Batu memberikan atau menyerahkan piagam penghargaan kepada Satpam Kota Batu yang berprestasi.

Selanjutnya Upacara ditutup dengan pertunjukan peragaan PBB dan Drill dasar borgol yang dipersembahkan oleh perwakilan satpam Kusuma Agro Wisata Kota Batu.

Selesai kegiatan rangkaian Upacara Kapolres Batu mengadakan acara tasyakuran dalam rangka HUT Satpam ke – 38 di halaman Mapolres Batu.

Bhabinkamtibmas Kel. Ngaglik Polsek Batu Kota Polres Batu Kerja Bakti Pembersihan Rumah Ambruk Warga Lesti Kel. Ngaglik

Bhabinkamtibmas Kel. Ngaglik Polsek Batu Kota Polres Batu Kerja Bakti Pembersihan Rumah Ambruk Warga Lesti Kel. Ngaglik

Bhabinkamtibmas Kel. Ngaglik Polsek Batu Kota Polres Batu Kerja Bakti Pembersihan Rumah Ambruk Warga Lesti Kel. Ngaglik

Binmas Polres Batu Polsek Batu Kota, Senin 7 Januari 2019 pukul 08.30 Wib s/d Selesai Brigadir ARI YUDIANTONO selaku Bhabinkamtibmas Kel.Ngaglik Polsek Batu Kota mengikuti serta memantau kegiatan Kerja Bakti warga membersihkan Rumah roboh di Jl. Lesti utara Rt.04 Rw.03 Kel. Ngaglik Kec. Batu Kota Batu milik bpk. Wahyu Puji Wiyono.

Kegiatan ini sebagai upaya Polri melalui Bhabinkamtibmas untuk menumbuhkan Kerukunan seluruh lapisan masyarakat, gotong royong dalam menghadapi bencana rumah ambruk yang tergerus Air kali sebelah rumah dan Meningkatkan persatuan kesatuan serta kebersamaan dalam menangani musibah tersebut.

Selama kegiatan berlangsung, berjalan dalam keadaan aman lancar dan kondusif.

Kapolres Batu Pimpin Sertijab Kapolsek Ngantang dan Kasembon

Kapolres Batu Pimpin Sertijab Kapolsek Ngantang dan Kasembon

Kapolres Batu Pimpin Sertijab Kapolsek Ngantang dan Kasembon

Kapolres Batu Akbp Budi Hermanto, S.I.K., M.Si Siang ini Kamis (03/01) memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Ngantang dan Kapolsek Kasembon di Rupatama Sanika Satyawada Polres Batu.

Sertijab diawali dengan pembacaan Keputusan Kapolda Jatim No : Kep/2021/XII/2018 tertanggal 21 Desember 2018 kemudian dilanjutkan dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat serta tanda jabatan, pengambilan sumpah jabatan didampingi rohaniawan, penandatanganan berita acara sertijab dan pengambilan sumpah serta pakta integritas.

Kapolsek Ngantang Akp Sahraku, S.H. dimutasi menjabat sebagai Kapolsek Pagak Polres Malang kemudian digantikan oleh Akp Moh Lutfi, S.H., M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Sabhara Polres Malang. Sedangkan Kapolsek Kasembon Akp Joko TW, S.Pd dimutasi sebagai Kasat Reskrim Polres Blitar dan digantikan oleh Akp Supriyanto, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag Humas Polres Batu.

Adapun yang Hadir dalam Sertijab antara lain PJU, Perwira, Anggota Polres Batu dan Ketua Bhayangkari Cabang Batu beserta Pengurus.

Kapolres Batu Akbp Budi Hermanto, S.I.K., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa mutasi Jabatan merupakan hal yang biasa di lingkungan organisasi Polri yang bertujuan untuk menjaga dinamika operasional dan penyegaran proses manajerial organisasi dalam melaksanakan misi untuk mencapai visi yang telah ditetapkan.

“Jabatan yang kita sandang itu adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan, baik kepada masyarakat maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa” terang Kapolres Batu.

Kapolres Batu juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada pejabat lama yaitu Akp Sahraku, S.H. dan Akp Joko TW, S.Pd yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Terimakasih atas dedikasi dan peran saudara dalam program pembangunan Zona Integritas sehingga Polres Batu dapat meraih predikat WBK, peran saudara sangat berarti dalam merubah mind set dan cultur set ditingkat Polsek Khususnya pada unit SPKT” Ucap Kapolres Batu.

Kapolres Batu juga mengucapkan terimakasih kepada Ny Sahraku dan Ny Joko Tresno sebagai ketua Ranting Bhayangkari yang telah mendampingi suami dalam melaksanakan tugas.

“Kepada Akp Supriyanto, S.H., M.H. saya mengucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Kapolsek Kasembon dan kepada Akp Moh. Lutfi, S.H., M.Si saya juga mengucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Kapolsek Ngantang, saya yakin saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik dan saya berharap agar senantiasa dengan semangat dan ikhlas untuk merawat dan membangun Zona Integritas yang telah kita capai” harap Kapolres Batu.

Pastikan keamanan jelang tahun baru 2019, Kapolres Batu turun langsung cek gereja didampingi Forkompimda

Pastikan keamanan jelang tahun baru 2019, Kapolres Batu turun langsung cek gereja didampingi Forkompimda

Pastikan keamanan jelang tahun baru 2019, Kapolres Batu turun langsung cek gereja didampingi Forkompimda

Polres Batu- Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi didampingi oleh Walikota Batu Dra, Hj. Dewanti rumpoko, M.Si  dan Forkompimda melakukan pengecekan terhadap sejumlah tempat ibadah umat Nasrani (gereja) yang sedang melaksanakan kegiatan keagamaan yaitu Misa Tutup Tahun 2018 . Senin (31/12/2018). Beberapa  gereja yang disambangi Kapolres dan rombongan adalah Gereja Paroki Gembala Baik yang berada di Jl. ters Kasiman dan gereja Telasonika di Kel songgokerto Batu .


Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi mengatakan, ” pengecekan terhadap sejumlah gereja tersebut , dalam rangka untuk meningkatkan rasa keamanan bagi jamaat umat Nasrani yang sedang menjalani perayaan misa tutup tahun 2018 sekaligus sebagai bukti bahwa negara hadir ditengah tengah masyarakat untuk menjaga kegiatan tersebut,”

Usai melakukan pengecekan gereja, Kapolres beserta rombongan melakukan pengecekan sejumlah Pos Pengamanan Operasi Lilin Semeru 2018 dan Tahun Baru 2019.

Hal ini dilakukan untuk melihat langsung aktivitas anggota kepolisian khusunya anggota Polres Batu  yang melaksanakan tugas dilapangan, sehingga dipastikan keamanan dan pelayanan selama Tahun baru berjalan lancar.

“Setelah  cek  gereja, Bu Walikota juga juga cek beberapa Pospam dan Posyan. Pengecekan Pos akan berlangsung hingga malam hari,” imbuh Kapolres .


Kapolres turut membagikan bingkisan kepada petugas jaga Pospam dan Posyan,  pemberian bingkisan ini disaksikan dan diikuti oleh Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo , serta perwakilan dari Forkompinda lainnya.

” Kepada semua petugas Pospam dan Posyan, Kapolres berpesan untuk selalu siap siaga dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tuturnya.

Polres Batu laksanakan Apel kesiapan Pengamanan perayaan tahun baru 2019 di Alun Alun kota Batu 

Polres Batu laksanakan Apel kesiapan Pengamanan perayaan tahun baru 2019 di Alun Alun kota Batu 

Polres Batu laksanakan Apel kesiapan Pengamanan perayaan tahun baru 2019 di Alun Alun kota Batu

Polres Batu – Polres Batu menggelar apel kesiapan pengamanan tahun baru 2019 di Alun alun Kota Batu yang dihadiri oleh Forkompimda serta diikuti juga oleh personel TNI dan Instansi yang terkait seperti Satpol PP, Dishub, PMK, PMI, Senkom dan potensi masyarakat yang lain .Senin (31/12/2018) sekitar pukul 16.00 WIB dan Walikota Batu Dra.Hj. Dewanti  Rumpoko, MSi bertindak sebagai Pemimpin Apel pengamanan tersebut.

Sekitar 500 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan tahun baru 2019 kali ini dan terdapat beberapa  titik tempat keramaian yang menjadi prioritas pengamanan selain tempat / simpang jalan yang berpotensi terjadinya Crowded arus lalu lintas.

Mengawali sambutanya ” Walikota Batu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Polres Batu dan jajaran serta anggota TNI dan segenap potensi masyarakat yang mempunyai tekad bulat dalam mengamankan jalanya perayaan tahun baru ini. Melihat kebelakang seperti tahun sebelumnya, Kota Batu tahun ini juga akan melaksanakan kegiatan Tabligh Akbar Batu Bersholawat di Masjid An Nur sehingga perlu mendapatkan pengamanan secara maksimal, ” tuturnya .

“saya berkeyakinan dengan harapan besar , bahwa Polres Batu yang dibantu dengan anggota TNI , Dishub, Satpol PP dan segenap peserta semuanya akan dapat mengamankan perayaan tahun 2019 ini dengan baik dan aman, ” mengakhiri sambutanya.

Dalam apel tersebut Kapolres Batu AKBP Budi hermanto, S.I.K, M.Si juga memberikan penekanan kepada seluruh anggota bahwa  “kita sebagai anggota Polri khusunya yang berdinas di Kota Batu sebagai kawasan Wisata mempunyai tanggung jawab dalam mengamankan perayaan tahun baru kali ini. Keparcayaan masyarakat untuk berwisata dan menghabiskan liburanya di Kota Batu harus kita jawab dengan dedikasi dan loyalitas penuh dalam bekerja,”

“Antisipasi kejadian teror masih merupakan prioritas utama dari Pimpinan Polri untuk tetap dilakukan langkah pencegahanya . Kegiatan masyarakat, Tempat wisata , tempat ibadah dan kawasan perhotelan serta obyek vital juga tidak kalah penting untuk diamankan, serta anggota Lalulintas diharapkan dapat melaksanakan upaya Rekayasa arus untuk mengalihkan kendaraan apabila diperlukan,”

Sebelum mengakhiri arahanya , Kapolres mengajak ” semua stake holder untuk turut membantu pengamanan perayaan tahun baru 2019 ini dengan segenap tenaga sehingga apa yang diharapkan Kota Batu menjadi kota yang aman dan nyaman dapat dinikmati oleh semua masyarakat, ” pungkasnya.

Wakapolres Batu Bersama PJU Giat Jum’at Barokah

Wakapolres Batu Bersama PJU Giat Jum’at Barokah

Wakapolres Batu Bersama PJU Giat Jum’at Barokah

Sesuai dengan Perintah Kapolres batu AKBP Budi Hermanto SH M.Si. agar setiap hari Jum’at Polres Batu melaksanakan Jum’at Barokah yang harus dilaksanakan di beberapa Masjid wilayah hukum Polres Batu. Jum’at, 28 Desember 2018.

Kegiatan tersebut bertujuan agar warga masyarakat lebih dekat mengenal anggota Polres Batu dan sekaligus Polres Batu mempunyai tujuan untuk memberikan informasi dan pesan Kamtibmas kepada Jama’ah Shalat Jum’at.

Wakapolres Batu Kompol Zein Mawardi, A.Md mewakili Kapolres Batu menyampaikan pesan Kamtibmas dan menginformasikan apabila ada gangguan tentang keamanan dan ketertiban yang ada di lingkungan diharapkan jangan segan – segan untuk segera menginformasikan kepada Polres Batu dengan menghubungi 110 call center Polres Batu.