Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto  S.I.K, M. Si Pimpin Pelaksanaan Rapat Anev  Bulanan di Ruang Rupatama Polres Batu

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto  S.I.K, M. Si Pimpin Pelaksanaan Rapat Anev  Bulanan di Ruang Rupatama Polres Batu

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto  S.I.K, M. Si Pimpin Pelaksanaan Rapat Anev  Bulanan di Ruang Rupatama Polres Batu

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto  S.I.K, M. Si memimpin Rapat Anev Bulanan Bidang Operasional dan Pembinaan Polres Batu. Adapun pelaksanaan Rapat yang dihadiri Wakapolres Batu, Para Kabag, Kasat, Kasie, Para Kapolsek jajaran serta Personel Polres Batu, dalam rapat tersebut Kapolres menyampaikan tentang kesiapan satuan polres batu dalam mengembangkan program-program polres batu, administrasi barang bukti dan pembinaan tahanan, pengusulan skep penyidik, realisasi penyerapan anggaran, rencana pelaksanaan gelar operasional bulanan, pelaksanan latihan peningkatan kemampuan fungsi, dan pembinaan terhadap mitra polri. ( 07/11/18).

Kapolres Juga Dalam Rapat Anev Tersebut Menekankan Kepada Para Perwira Polres Batu agar lebih memantau tentang perkembangan dan kegiatan anggota Polres Batu, agar pada pelaksanaannya lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mengecek titik yang belum di tempati oleh personel, sekaligus mengevaluasi kegiatan selama satu bulan yang telah dilaksanakan.

Serta meminta kepada seluruh jajaran polsek polres batu agar dapat meningkatkan kinerja sehingga pelaksanaan tugas – tugas dapat terlaksana dengan maksimal.

Polsek Junrejo Polres Batu Melaksanakan Pengamanan Perayaan Kathina Dana

Polsek Junrejo Polres Batu Melaksanakan Pengamanan Perayaan Kathina Dana

 

Polres Batu – Minggu tanggal 28 Oktober 2018 dimulai pada pukul 09.00 s/d 15.45 wib bertempat di Graha Kertarajasa Padepokan Dhammadipa Arama ( Vihara Mojorejo ) Jalan Ir. Soekarno No.311 Desa Mojorejo Kec. Junrejo telah dilaksanakan kegiatan Perayaan Kathina Dana ( Sangha Dana masa Kathina 2562 BE / 2018 ) yang diikuti oleh sekitar 750 orang umat Budha se-Malang Raya.

Adapun yang  Hadir dalam giat tersebut antara lain :- Bikkhu Kanthidaro Mahatera.- Banthe Jaya medo.- Banthe Utomo.- Banthe Wirya.- Banthe Kemadaro.- Banthe Ugaseno.- Banthe Selanando.- Samanera dan Atthasilani.- Siswa/siswi Sekolah Tinggi Agama Budha.- Umat Budha dari Malang raya.

dan juga  rangkaian acara  – Pukul 09.00 wib donor darah.- Pijat Tairopraktik- Cek kesehatan gratis.- Pindhapatta. Pukul 13.00 wib acara puncak kegiatan perayaan Kathina Dana 2562 BE/2018.- Bikhu Kanthidaro memasuki Graha Kertarajasa.- Penyalaan lilin dan dupa oleh Bhikkhu Viriyandharo Mahatera dilanjutkan Namakara Patha.- Puja Katha oleh pimpinan Puja Bakti.- Aradhana Tisarana Pancasila dipimpin oleh pimpinan Puja Bakti.

– Pembacaan Nidhikanda Sutta oleh tim Atthasilani.- Aradana Paritta.- Samadhi dipimpin oleh Bhikku Sukhito Mahathera.- Dhammadesana Aradhana oleh Bante Uttamo Mahathera.- Pembacaan Gatha penyerahan Kathina dana oleh pimpinan Puja Bhakti.- Sanghadana diiringi lagu dana paramitta oleh ibu – ibu Wandani.- Anumodana.- Ettavatatiadipattidana.- Namakara Patha.
Makna dari kegiatan perayaan Kathina Dana adalah pemberian dana berupa jubah dan keperluan lain ( Makanan, obat – obatan ) untuk kegiatan selama di Vihara oleh umat Budha kepada para Bikkhu.
Kegiatan tersebut juga sebagai momentum intropeksi diri ( Kebajikan, ketulusan dan kerelaan ) oleh para Bikkhu yang selama 3 bulan telah mengajarkan Dhamma ( ajaran Budha ) ke berbagai wilayah, dan 3 bulan dimulai pada Juli s/d September menetap didalam Vihara atau tidak keluar kemana – mana dan pada puncaknya dibulan Oktober dilaksanakan perayaan Kathina Dana.

2 Personil Polsek Junrejo, 4 personil Koramil Junrejo, 2 personil Satpam Vihara dan 6 personil Linmas Desa Mojorejo.

Kabag Sumda Polres Batu Kompol Imam Rofiq, SH laksanakan pengecekan senjata api inventaris dinas 

Kabag Sumda Polres Batu Kompol Imam Rofiq, SH laksanakan pengecekan senjata api inventaris dinas 

Kabag Sumda Polres Batu Kompol Imam Rofiq, SH laksanakan pengecekan senjata api inventaris dinas 

Bagian Sumber Daya (Sumda) Polres Batu bekerjasama dengan Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) , melakukan pemeriksaan secara Berkala terhadap senjata api yang dibawa anggota Polres dan Polsek.

Dalam pemeriksaan yang dipimpin Kepala Bagian Sumda Kompol Imam Rofiq, SH dan Kepala Seksi Propam Inspektur Polisi Satu Hanis Siwanto  di Halaman Polres Batu , Jumat (12/10/2018) Pukul 09.00 Wib , satu per satu senjata api diperiksa kelayakan dan kebersihannya serta surat ijinya.

Kabag Sumda mengatakan ” pemeriksaan ini bersifat rutin dan berkala dilakukan atas perintah Kapolres Batu. Dalam pemeriksaan kali ini sebanyak  91 buah senpi telah diperiksa kebersihan dan dokumen kelayakanya terkait dengan masa ijin berlaku sedangkan sisanya masih berhalangan dihadirkan dengan alasan dinas dan dijadwalkan akan diperiksa beberapa hari ke depan.

“Pemeriksaan senjata api berkala digelar dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana inventaris atau senjata api itu dijaga dengan baik,” Ucapnya.

Kasi Propam menambahkan , pemeriksaan juga ditujukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api serta amunisinya oleh anggota Polri khususnya anggota Polres Batu . Oleh sebab itu, personel yang berhak memegang senjata api hanya yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. “Hal itu guna mengantisipasi penyalahgunaan senjata api oleh anggota,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kompol Imam Rofiq, SH mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan terhadap surat izin dan kondisinya, senjata api yang dibawa anggota Polres Batu dalam kondisi lengkap dan senpi layak digunakan.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Satlantas Polres Batu Go to School

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Satlantas Polres Batu Go to School

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Satlantas Polres Batu Go to School

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pagi ini Satlantas Polres Batu melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Binluh kepada pelajar SMA Immanuel Kota Batu.

Polres Batu menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dalam hal ini memiliki beberapa program yakni salah satunya peningkatan kualitas pelayanan publik. Berbagai kegiatan dilakukan untuk menuju peningkatan kualitas pelayanan publik, salah satu kegiatan yang dilakukan seperti pada hari ini Jumat, 14 September 2018 anggota Unit Dikyasa beserta satpas Polres Batu melaksanakan kegiatan Sosialisasi Mekanisme Pembuatan SIM Baru dan Perpanjangan SIM yang bertempat di Gedung SMA Immanuel Kota Batu.

Selain mekanisme, anggota juga mensosialisasikan biaya PNBP yang harus dibayarkan serta persyaratan pembuatan SIM baru ataupun perpanjangan.

“Untuk adik-adik yang berasal dari luar Kota Batu tidak perlu khawatir karena di Polres Batu telah terlaksana pelayanan pembuatan SIM secara online, sehingga adik-adik bisa membuat SIM di satpas Polres Batu” tutur Bripda Anggri selaku pemateri.

Dengan antusias pelajar SMA Immanuel Batu mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut tak lupa beberapa pertanyaan diajukan mengenai mekanisme pembuatan SIM.

Warga Batu Apresiasi, Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas

Warga Batu Apresiasi, Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas

Warga Batu Apresiasi, Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas

Apa yang diharapkan oleh Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si dan Kasatlantas Polres Batu AKP Christopher Adikara Lebang, S.H., S.I.K. untuk membantu masyarakat dan mempercepat pelayanan perpanjangan SIM di Kantor Satpas Polres Batu benar – benar mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Bapak Sugianto, Dsn Klerek Rt. 03 Rw. 03 Ds. Torongrejo Kec. Junrejo Kota Batu adalah salah satu dari ratusan warga yang mendapatkan kunjungan dari Bhabinkamtibmas dan mengaku bahwa dirinya merasa dibantu oleh Polres Batu karena telah diingatkan untuk segera melaksanakan perpanjangan SIM di Kantor Satpas Polres Batu.

“Awalnya saya kaget koq ada Pak Polisi ke rumah, ternyata Pak Polisi itu Bhabinkamtibmas Polsek Junrejo Desa Torongrejo “Pak Radit” namanya yang sedang mengantar blangko pemberitahuan masa berlaku SIM kepada saya untuk segera memperpanjang SIM” terang Pak Sugianto.

Pak Sugianto juga menyampaikan bahwa setelah sampai ke Kantor Satpas Polres Batu merasa cepat dilayani dan cepat mendapatkan SIMnya (kurang dari 20 menit), itu karena pemohon SIM tidak perlu mengisi formulir pendaftaran yang merupakan program “Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas” yang diinisiasi oleh Kasatlantas Polres Batu dan diresmikan oleh Kapolres Batu pada tanggal 06/08 yang lalu.

Kapolres Batu berharap agar Program Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas dapat terus dilaksanakan secara continue agar masyarakat tidak sampai lupa masa SIMnya yang akan mati serta mendapatkan kemudahan dan percepatan dalam perpanjangan SIM di Kantor Satpas Polres Batu.

“Saya juga berharap dengan bentuk pelayanan prima Polres Batu kepada masyarakat akan membuat Polres Batu menjadi Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani)” tambah Kapolres Batu.

Sambang Sore Bhabinkamtibmas Kelurahan Songgokerto Polsek Batu Kota Polres Batu Pembuatan Pupuk Kompos

Sambang Sore Bhabinkamtibmas Kelurahan Songgokerto Polsek Batu Kota Polres Batu Pembuatan Pupuk Kompos

Sambang Sore Bhabinkamtibmas Kelurahan Songgokerto Polsek Batu Kota Polres Batu Pembuatan Pupuk Kompos

*Binmas Polsek Batu Kota-Polres Batu* “`Sebagai wujud kehadiran Polri di tengah masyarakat memberikan manfaat Bhabinkamtibmas Kelurahan. Songgokerto Polsek Batu Kota Bripka.Junaedy Salam pada Kamis (30/08/2018) pukul.16.00 Wib melaksanakan kegiatan sambang warga pengolahan pupuk kompos di wilayah Lingkungan Tambuh RW.07 Kelurahan.Songgokerto Kec.Batu.

Pembuatan pupuk kompos sudah selesai di lakukan yang merupakan kerjasama dari Bhabinkamtibmas bersama warga untuk memanfaatkan limbah kotoran dari ternak kambing untuk pupuk kompos yang nantinya bisa di manfaatkan oleh warga untuk tanaman serta untuk penjualan.

Dengan kegiatan ini Bhabinkamtibmas bersama warga bisa mengurangi limbah kotoran ternak bisa di manfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat bersama Polri guna wujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif“`.

Bhabinkamtibmas Desa Pesanggrahan Polsek Batu Kota Door To Door System Kunjungan Tokoh Pemuda

Bhabinkamtibmas Desa Pesanggrahan Polsek Batu Kota Door To Door System Kunjungan Tokoh Pemuda

Polres Batu – Door To Door System Kunjungan Tokoh Pemuda Bhabinkamtibmas Desa Pesanggrahan Polsek Batu Kota Senin (06/08/2018) pukul.15.45 Wib s/d pukul.16.30 Wib.  Dalam rangka membangun kesadaran serta partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas dan tingkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri pada

Bhabinkamtibmas Desa Pesanggrahan Polsek Batu Kota Bripka.Eko Harianto telah melaksanakan kegiatan DDS berkunjung kepada Sdr.Hadi Tokoh pemuda warga Jl.Lahor RT.01 RW.13 Desa.Pesanggrahan Kec.Batu

Melalui kegiatan DDS ini Bhabinkamtibmas serap informasi dan aspirasi dari masyarakat di wilayah tempat bertugas yang merupakan bagian dari Tupok Bhabinkamtibmas dan tidak lupa sampaikan pesan dan himbauan kamtibmas peningkatan partisipasi dari Tomas dan warga untuk harkamtibmas.

Selain itu guna serap aspirasi dari masyarakat di lakukan pencatatan identitas warga yang di kunjungi serta informasi ke dalam buku catatan Bhabinkamtibmas.

Bhabinkamtibmas mengajak peran serta dari tokoh masyarakat bisa menjalin kerukunan antar warga serta Kerukunan antar umat beragama.

Di akhir kegiatan Bhabinkamtibmas berikan striker yang berisi pesan himbauan kamtibmas serta Layanan Call Center 110 Polres Batu dan download aplikasi Android apel Jelajah Kota batu.

Kegiatan kunjungan ini dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas mewujudkan sikon kamtibmas yang aman dan kondusif

Tingkatkan Pelayanan, Polres Batu Inisiasi Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas

Tingkatkan Pelayanan, Polres Batu Inisiasi Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas

Tingkatkan Pelayanan, Polres Batu Inisiasi Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas

Dalam rangka Polres Batu menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wbbm, Satlantas Polres Batu bersama Sat Binmas memberikan pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat dengan inovasi “Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas”.

Bertempat di Rupatama Polres Batu, Kasat Lantas Polres Batu AKP Christopher Adhikara Lebang, S.H., S.I.K memimpin rapat pemberangkatan Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas yang dihadiri Kanit Regident, anggota Satlantas, Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Batu serta rekan media (06/08/2018).

Inovasi Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas berupa pemberian informasi kepada masyarakat oleh Bhabinkamtibmas tentang masa berlakunya sim yang dimiliki oleh warga binaannya agar tidak sampai habis masa aktifnya.

“Dalam inovasi ini Bhabinkamtibmas akan mendatangi warga binaannya yang mempunyai SIM yang masa berlaku SIM nya akan habis dengan memberikan blangko pemberitahuan masa berlaku SIM” terang AKP Christopher Adhikara Lebang, S.H., S.I.K.

“Kami berharap dengan adanya “Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas” mulai sekarang tidak ada lagi masyarakat di wilayah hukum Polres Batu yang SIM nya mati karena lupa perpanjangan” tambah Kasat Lantas.

Kapolres Batu Akbp Budi Hermanto, S.I.K., M.Si mengapresiasi inovasi yang diinisiasi oleh Kasat Lantas, karena dapat mengingatkan kepada masyarakat dalam menyiapkan diri untuk perpanjangan SIM sehingga tidak sampai mati SIMnya.

“Selain dapat memudahkan masyarakat, kegiatan “Bhabinkamtibmas Peduli Pelayanan Satpas” juga dapat meningkatkan Sinergitas kemitraan antara Bhabinkamtibmas dan warganya” jelas Kapolres Batu.

Giat Bhabinkamtibmas Polres Batu Polsek Batu Buat Banner Safe House 110 Rumah Aman Kamtibmas Mitra Reaktif Polri

Giat Bhabinkamtibmas Polres Batu Polsek Batu Buat Banner Safe House 110 Rumah Aman Kamtibmas Mitra Reaktif Polri

Giat Bhabinkamtibmas Polres Batu Polsek Batu Buat Banner Safe House 110 Rumah Aman Kamtibmas Mitra Reaktif Polri

Polres Batu – Hari Senin 30 Juli 2018 Untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas dan memberikan rasa aman serta pelayanan Kepolisian yang proaktif kepada masyarakat Bhabinkamtibmas Kelurahan. Songgokerto Polsek Batu Kota BRIPKA JUNAEDY SALAM melaksanakan kegiatan sambang dan telah koordinasi dengan Bpk.Sugeng (Anggota RAPI) JL.Trunojoyo No.54 Kelurahan. Songgokerto Kec.Batu Kota Batu “membentuk SAFE HOUSE 110 RUMAH AMAN MITRA REAKTIF BHABINKAMTIBMAS KELURAHAN SONGGOKERTO”.

Adapun maksud dan tujuan dari rumah aman Safe House 110 Mitra Reaktif Bhabinkamtibmas Kelurahan.Songgokerto ini adalah untuk mengajak peran aktif dari masyarakat dalam membantu tugas Kepolisian untuk pemeliharaan kamtibmas.

Selain itu dengan adanya kerjasama dan kemitraan pembentukan rumah aman ini warga yang memiliki tempat tinggal ataupun tempat usaha di sepanjang jalur yang rawan tindak kejahatan jalanan bisa berperan untuk membantu menyelamatkan masyarakat yang merasa tidak aman atau menjadi korban tindak kriminalitas bisa masuk ke dalam rumah ini.

Nantinya pemilik rumah bisa menghubungi layanan Call Center 110 Polres Batu maupun ke no Handphone Bhabinkamtibmas dan petugas Kepolisian akan segera datang.

Kegiatan ini sebagai wujud kehadiran Polri melalui Bhabinkamtibmas dalam memberikan pelayanan serta rasa aman bagi masyarakat untuk menciptkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Quick Respon Unit Laka Satlantas Polres Batu

Quick Respon Unit Laka Satlantas Polres Batu

Quick Respon Unit Laka Satlantas Polres Batu

Malam ini (29/07) situasi arus lalu lintas di wilayah hukum Polres Batu lancar terkendali.

Namun sekira pukul 19.30 Wib Petugas Laka Satlantas Polres Batu menerima telepon dari masyarakat bahwa di Payung 2 Kota Batu telah terjadi kecelakaan lalu lintas.

Dengan cepat Ipda Anton, S.H. bersama Aiptu Nurhadi Santoso dan Brigadir Karel mendatangi TKP dan melaksanakan evakuasi.

Bersama masyarakat di sekitar TKP, petugas dengan segera menolong 16 penumpang kendaraan Mitsubishi Elf No. Pol : N-742-AI yang masih di dalam jurang sedalam kurang lebih 10 M.

Dengan segera Petugas di TKP membawa 12 Orang Korban Laka tunggal yang mengalami luka ringan tersebut ke RS. Karsa Husada Kota Batu.

Dan Petugas segera koordinasi dengan Petugas Derek terdekat untuk mengevakuasi Kendaraan Elf tersebut.

Tidak berlangsung lama Tim Derek dari Pujon merapat di TKP dan selesai evakuasi pada pukul 22.00 Wib.

Menurut keterangan petugas di TKP Brigadir Karel bahwa Kendaraan Mits Elf No. Pol : N-742-AI yang dikemudikan oleh Sdr. Michel, Lk, 26 Th, sampai terperosok kedalam jurang diduga karena pengemudi kurang hati-hati (kurang menguasai medan jalan), sehingga saat melakukan perjalanan dari arah B-T (Kediri ke Malang) sesampainya di TKP (jalan tikungan ke kiri) pengemudi berhaluan terlalu ke kiri sehingga Kendaraan yang berisi 16 penumpang (1 Driver, 10 Lk, 6 Pr) tersebut terperosok ke dalam jurang sedalam 10 M.