POLRES BATU SEBAGAI TEMPAT DISELENGARAKANNYA DEKLARASI DAMAI UNTUK AMANKAN PILWALI DAN WAWALI KOTA BATU 2017

POLRES BATU SEBAGAI TEMPAT DISELENGARAKANNYA DEKLARASI DAMAI UNTUK AMANKAN PILWALI DAN WAWALI KOTA BATU 2017

img-20161029-wa0080

img-20161029-wa0083

DEKLARASI DAMAI UNTUK AMANKAN PILWALI DAN WAWALI KOTA BATU 2017

Menjelang pemilukada Kota Batu 2017, Kapolres Batu Akbp Leonardus Simarmata, S.Sos, S.I.K, M.H, pada hari Sabtu (29/10/2016), memprakarsai deklarasi damai “Siap terpilih dan siap tidak terpilih”, yang ditanda tangani oleh semua Paslon dan saksi dari penyelenggara Pemilu, Ketua KPUD dan Ketua Panwaslih.

Hadir dalam kegiatan tersebut; Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (prof. Jimly Asidiqi), Ketua KPUD Provinsi, Ketua KPUD Batu, Panwaslih, Forpimda Kota Batu, FKUB, tokoh masyarakat, Paslon, tim sukses, Media masa dan LSM.

Dalam sambutannya Kapolres mengajak semua pihak untuk menjaga kondusifitas, dan Polri bersama TNI siap mengawal jalannya Pilwali.

Kapolres juga menyampaikan akan melakukan pengawasan terhadap hal-hal yang mungkin akan terjadi pada masa kapanye, antara lain:
-mobilisasi massa,
-perusakan tanda gambar,
-money politik,
-kampanye hitam,
-dan penggunaan fasilitas dinas dalam kampanye.

Disamping itu Kapolres juga telah membentuk cyber truf untuk memantau pergerakan media sosial.

EMPAT PASLON BACAKAN DAN TANDATANGANI “DEKLARASI DAMAI”

Rangkaian kegiatan deklarasi damai “Siap terpilih dan siap tidak terpilih” yang dilaksanakan di Mapolres Batu, diakhiri dengan pembacaan dan penanda tanganan Piagam serta Baliho oleh empat pasangan calon yang disaksikan oleh penyelenggara pemilu, Ketua KPUD dan Ketua Panwaslih.

Adapun isi dari deklarasi damai sbb:
1. Paslon siap melaksanakan Pilwali yang jujur, adil, santun dan bermartabat.
2. Siap bekerjasama dengan instansi dan lembaga penyelenggara pemilu, demi suksesnya Pemilukada Kota Batu 2017.
3. Bersama unsur Kepolisian dan aparat keamanan lainnya sanggub menjaga dan menciptakan suasana aman, damai dan kondusif.
4. Siap menerima hasil Pemilukada yang disyahkan penyelenggara pemilu.
5. Paslon Pemilukada Kota Batu 2017, siap terpilih dan siap tidak terpilih.

Demikian bunyi deklarasi damai yang diprakarsai Kapolres Batu Akbp Leonardus Simarmata, S.Sos, S.I.K, M.H, Sabtu (29/10/2016).

KETUA DKPP AKAN JADIKAN DEKLARASI DAMAI “ROLE MODEL” PEMILUKADA INDONESIA

Ketua Dewan Kehormatan Penyenggara Pemilu, Profesor Jimly Asidiqi, mengapresiasi prakarsa Kapolres Batu Akbp Leonardus Simarmata, S.Sos, S.I.K, M.H, menyelenggarakan deklarasi damai “siap terpilih dan tidak terpilih”.

“Deklarasi damai yang diprakarsai oleh Kapolres Batu ini, merupakan buku pelajaran yang sedang dipelajari dalam penyelenggaraan Pemilu”, puji Profesor Jimly.

Dan akan dijadikan role model penyelenggaraan Pemilukada di Indonesia.

Disamping itu Ketua SKPP juga mengajak semua Paslon berlomba-lomba merebut hati masyarakat, jangan sakiti hati rakyat dan tidak usah mengurusi orang lain.

Beri kesempatan kepada penyelenggara Pemilu melaksanakan tugasnya, dan apabila tidak puas silahkan adukan ke Mahkamah Konstitusi.