Seberapa rutin Polisi perlu tes psikologi ?

Seberapa rutin Polisi perlu tes psikologi ?



Polres Batu Cyber News – Ratusan personel Polres Batu mengikuti tes psikologi sebagai syarat untuk dapat memegang senjata api dinas, Psiko tes itu di ikuti oleh 128 personel, terdiri dari 38 perwira ditambah 90 anggota Polres dan Polsek jajaran. Tes psikologi itu merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh tim Psikologi SDM Polda Jawa Timur di bantu 2 anggotanya. (13/2).

Kabag SDM Polres Batu Kompol Kompol Idayu Parameswari, S.H., S.I.K., mendampingi Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, S.I.K., M.I.K., menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk menguji kondisi kejiwaan setiap anggota Polri pemegang senjata api.

Selain itu, juga untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosi para anggota kepolisian di Polres Batu. Tes psikologi ini juga sebagai syarat bagi anggota yang memegang senjata api (senpi). 

“Bagi anggota Polri pemegang senpi dinas dan yang memenuhi syarat wajib untuk mengikuti tes psikolog,” kata dia.

Menurutnya, tidak semua anggota kepolisian diperbolehkan memegang senpi. Sebab ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi anggota kepolisian salah satunya tes psikologi ini. 

Dengan dilaksanakannya tes psikologi anggota Polres Batu ini lanjutnya, anggota di harapkan dapat menjalankan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat sesuai dengan aturan yang ada.

Ia berharap kepada anggota yang memegang senpi dinas untuk tidak menyalahgunakannya dan selalu merawat kebersihan serta penyimpanannya jangan sampai senjata tersebut hilang atau di salahgunakan. (Denmaz)
 
Polres Batu Cyber News