Pernyataan Pers Presiden Jokowi Setelah Pertemuan Silaturahmi Kebangsaan dengan Tokoh Lintas Agama di Istana Merdeka, 16 Mei 2017*

Pernyataan Pers Presiden Jokowi Setelah Pertemuan Silaturahmi Kebangsaan dengan Tokoh Lintas Agama di Istana Merdeka, 16 Mei 2017*


Polres Batu.id- pernyataan Bapak Presiden “Saya baru saja bersilaturahmi dengan beliau-beliau, Tokoh Agama dari Majelis Ulama Indonesia, dari Nahdatul Ulama, dari Muhammadiyah, dari Konferensi Wali Gereja Indonesia, dari Persekutuan Gereja Indonesia, dari Perwakilan Umat Budha Indonesia, dari Parisada Hindu Dharma Indonesia dan Majelis Tinggi Agama Agama Konghucu Indonesia serta Panglima TNI dan Kapolri. Untuk membicarakan, dinamika kebangsaan yang menjadi perhatian kita bersama.

Dan saya senang mendengar komitmen semua tokoh agama dan umatnya untuk terus menjaga, terus mempertahankan dan terus memperkokoh Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Saya senang dan berterima kasih mendengar komitmen semua umat beragama untuk terus menjaga persatuan, persaudaraan, perdamaian dan toleransi antar umat, antar kelompok dan antar golongan.

Saya juga senang dan berterima kasih atas komitmen semua pihak untuk membangun demokrasi yang sehat dan mendukung penegakan hukum.

Saya perlu tegaskan disini bahwa kebebasan berpendapat, berserikat dan berkumpul, itu dijamin oleh konstitusi kita, tetapi saya juga perlu tegaskan, bahwa kebebasan tersebut harus sesuai dengan koridor hukum, harus sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 dan harus berada dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia , NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Jikalaupun dalam beberapa waktu terakhir ini ada gesekan antar kelompok di masyarakat, mulai saat ini, saya minta hal-hal tersebut, gesekan tersebut untuk segera dihentikan.

Jangan saling menghujat karena kita ini adalah saudara,
jangan saling menjelekkan, karena kita ini adalah saudara,
jangan saling memfitnah, karena kita ini adalah bersaudara,
jangan saling menolak karena kita ini adalah saudara,
jangan kita saling mendemo.
Habis energi kita untuk hal-hal yang tidak produktif itu.
Kita adalah saudara. Saudara sebangsa dan setanah air.

Saya juga telah perintahkan kepada Kapolri, kepada Panglima TNI untuk tidak ragu-ragu menindak tegas segala bentuk ucapan dan tindakan yang menganggu persatuan dan persaudaraan, yang menganggu NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa Meridhoi upaya kita bersama.

Terima Kasih.