Upacara Harkitnas Di Stadion Kota Batu, Kapolres Kota Batu Ikut Memperingati

Upacara Harkitnas Di Stadion Kota Batu, Kapolres Kota Batu Ikut Memperingati

Upacara Harkitnas Di Stadion Kota Batu, Kapolres Kota Batu Ikut Memperingati

Batu – Indonesia setiap tanggal 20 Mei memperiangti hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Senin (22/05/2017) Jam 08.20 s/d 09.10 Wib di Stadion Brantas Kota Batu telah dilaksanakan Upacara HARKITNAS Tahun 2017 dengan Tema “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud Kebangkitan Nasional”.

Upacara Harkitnas tahun ini dihadiri oleh Walikota Batu H.Edy Rumpoko, Kapolres Batu AKBP Leonardus Simarmata, S.Sos, S.I.K, M.H., Dra. Hj. Dewanti Rumpoko (Ketua Tim PKK Kota Batu), Letkol S. Supriyono (Politeknik Angkatan Darat), Widodo, SH (Sekda Kota Batu), AKBP Heru ( BNN Kota Batu), Teuku Lutansyah S.H. (Kasi Intel Kajari Batu),Edy Junaedi (Direktur PDAM Kota Batu), H. A. Budiono ( Ketua PCNU Kota Batu), Kapten Bambang (Danramil Kota Batu mewakili Dandim 0818),Pimpinan SKPD Kota Batu,Deputasi Perwira Anggota Polres Batu, Pimpinan Ormas dari Panca Marga dan Pemuda Pancasila Kota Batu dan Para Veteran Kota Batu.

Selain itu kurang lebih 600 peserta upacara juga mengikuti upacara Harkitnas yang terdiri dari 1 SSK Pasukan Bersenjata TNI ( Arhanud dan Lanal Malang),2 SST Pasukan Bersenjata Polri (Polres Batu), 1 SST Pasukan Satpol PP,1 SSK Pasukan Linmas,3 SSK Anggota Korpri Pemkot Batu,2 SSK Anggota Ormas (Pancamarga dan Pemuda Pancasila),2 SSK Anggota Pramuka Pemkot Batu,2 SSK Pelajar SMA Kota Batu, 1 SSK Mahasiswa, 1 SSK PGRI, 1 SST Deputasi Anggota Kodim 0818, 1 SST Korsik Dari Ajendam V Brawijaya.

Walikota Batu selaku Inspektur Upacara menyampaikan amanat dari Menkoinfo yang berisi semangat kebangkitan nasional tidak pernah menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa kita hari-hari ini padahal semangat 109 tahun yang lalu, ditandai dengan berdirinya Boedioetomo, namun sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa.

Betapa tak mudahnya para infrastruktur transportasi dan komunikasi masi terbatas, ketika sumber daya insani yang teguh dengan pemikiran kaindonesiaan masih dapat dihitung dengan jari, ketika acuan untuk memperkokoh dasar-dasar kesamaan suku bangsa dan adat masi belum mengakar kuat, ketika semuanya itu berada dalam konteks ketakutan akan kekejaman kolonialis yang siaga memberangus setiap pemikian yang memantik hasrat kepas dari belenggu penjajahan.

Presidan Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam samua bidang pembangunan. Bukan berarti sebelumnya kita abai terhadap aspek ini. Malah sejak awal, dalam program Nawacita yang disusun mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi.
Pada awal tahun 2017 ini meski angkanya pendapatan dan kekayaan penduduk masih sekitar 40 persen. Untuk itu Bapak Presiden meminta aparat penyelenggara negara bekerja keras menurunkan indeks kesenjangan tersebut melalui berbagai langkah.

Indonesia yang Berkeadilan sebagai wujud Kebangkitan Nasional yang menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala telah dilakukan di sektor. Di sektor kelistrikan misalnya, pembangunan ketenagalistrikan
2.500 desa yang belum mendapat aliran listrik.

Pada saat yang sama, kebijakan, pemerataan dilakukan melalui subsidi listrik yang difokuskan kepada masyarakat menengah ke bawah, sehingga bisa dilakukan relokasi subsidi istrik tahun 2016 sebesar Rp 12 triliun dialihkan untuk menunjang saktorkesehatan, pendidkan, dan infrastruktur.

“Pemerintah juga memandang bahwa pembangunan infrastruktur diperlukan untuk peningkatkan pemerataan ekonomi dan meningkatkan keadilan bagi seluruh rakyat” tutur Edy Rumpoko.

Di penghujung kegiatan upacara tersebut, Walikota Batu menyampaikan ucapan terimakasih atas pelaksanaan upacara Harkitnas serta kepercayaan kepada beliau yang dipekenankan menjadi Irup dalam upacara kali ini.

“Mari kita buat gerakan untuk melayani masyarakat yang miskin dan perlu dilayani oleh semua Pelayan Masyarakat” tambahnya.

Parade 5 Group Drum band dari siswa siswi Kota Batu memeriahkan peringatan Harkitnas tahun 2017 di Kota Batu serta menutup kegiatan upacara kali ini.