Kapolres Batu Pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019

Kapolres Batu Pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019

Kapolres Batu Pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019
Kapolres Batu Akbp Budi Hermanto, S.I.K., M.Si pagi ini (21/03) memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dalam rangka menghadapi Pemilu Tahun 2019 yang bertempat di Alun – alun Jalan Gajahmada Kota Batu. Apel Gelar Pasukan ini bertemakan “Tingkatkan Sinergitas TNI-POLRI dengan komponen Bangsa lainnya guna mewujudkan keamanan dalam Negeri yang kondusif”.

Walikota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, M.Si beserta Forkopimda Kota Batu, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua DKPP, PJU Polres Batu, Pasukan TNI dari Kodim 0818 Malang-Batu, RAPI, Tagana, Orari, Tokoh Agama dan Toko Masyarakat Kota Batu turut hadir dalam Apel Gelar tersebut. Kapolres Batu membacakan amanat Menko Polhukam bahwa Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 (lima) jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.


Tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan. Tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di luar lingkup penyelenggara Pemilu, akan tetapi sangat menentukan suksesnya keberlangsungan Pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. “TNI-Polri selaku institusi yang bertanggungjawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilu Serentak tahun 2019, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan tersebut harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan Prosedur Tetap dan aturan hukum yang berlaku sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya Pemilu Serentak Tahun 2019” tegas Menko Polhukam dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Batu.


“Wujudkan sinergitas antara TNI-Polri dengan penyelenggara Pemilu dan seluruh komponen masyarakat agar setiap permasalahan yang muncul dilapangan dapat dihadapi, dikoordinasikan dan dipecahkan bersama, Saudara-saudara juga harus mampu untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi sehingga tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu dan berita bohong atau hoax yang beredar dan menimbulkan keresahan” harap Menko Polhukam dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Batu.