Polres Batu Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

Polres Batu Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

Batu-Dengan tema *”SAYA INDONESIA, SAYA PANCASILA”*, Polres Batu melaksanakan Upacara dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila untuk membangkitkan kembali jiwa Nasionalisme dan Pancasilais di kalangan anggota Polri, Kamis (1/6/2017).

Upacara yang dilaksanakan di halaman Mapolres Batu diikuti oleh semua anggota Polres Batu hingga Polsek jajaran, dipimpin oleh Wakapolres Batu Kompol Nurmala, S.H, S.I.K, mewakili Kapolres yang menghadiri Upacara di Balaikota bersama Forpimda Kota Batu di Balaikota Among Tani Batu.

Wakapolres selaku Irup membacakan sambutan Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, “Upacara ini meneguhkan kimitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, kata Presiden.

Selain menyampaikan sejarah lahirnya Pancasila, Presiden juga menyampailan tantangan saat ini dalam kehidupan bernegara dengan pandangan dan tindakan yang mengancam Kebhinekaan, selain itu Presiden mengingatkan bahaya radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara.

Komitmen pemerintah untuk menguatkan Pancasila sebagai dasar negara, telah mengundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, bersama seluruh komponen bangsa untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Presiden mengajak kita semua untuk mewaspadai segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.

“Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi dan gerakan yang anti Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika”, tegas Presiden.

Diakhir sambutannya Prisiden mengajak untuk menjaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan diantara kita dengan saling bersikap santun, menghormati, toleran, saling bahu membahu dan gotong royong.